Telah terbit: Pengantar Dalil-dalil Al-Quran Filsafat Politik Imam Khomeini

khomeini.jpgPusat Budaya dan Ma’arif al-Quran menerbitkan sebuah buku berjudul Pengantar Dalil-dalil Al-Quran Filsafat Politik Imam Khomeini.

Tujuan asli penulisan buku ini adalah menjelaskan sisi politik dalam al-Quran. Penulis buku ini Najaf Lak Za’i berkeyakinan bahwa Imam Khomeini punya perhatian yang cukup besar terkait dengan al-Quran. Oleh karenanya, dalam pikiran-pikiran politik dan politik praksisnya Imam Khomeini juga menyandarkannya pada al-Quran dan Hadis. Buku ini mencoba menyingkap sumber-sumber al-Quran yang menjadi pijakan Imam Khomeini dalam politik teoritis dan praktisnya.

Buku ini berusaha mengkaji pengertian-pengertian paling prinsip dari kajian-kajian filsafat politik dengan membandingkan pandangan-pandangan al-Quran dan ucapan-ucapan Imam Khomeini.

Ketika memberikan pengantar atas bukunya ini penulis mengeluarkan isi hatinya bagaimana jarang ada penulisan buku-buku politik dengan berlandaskan al-Quran. Ia menulis: Harus diakui bahwa para mufassir Islam tidak banyak yang meluangkan waktunya untuk menulis tafsir al-Quran dengan tema politik. Di kalangan mufassir al-Quran yang menulis tafsir al-Quran dengan tema politik sangat sedikit sekali.

Buku ini ditulis dalam 5 bab dengan perincian; Pengertian dan bingkai teori, Ontologi politik dalam pandangan al-Quran dan Imam Khomeini, Pengenalan manusia dari sisi politik  dalam pandangan al-Quran dan Imam Khomeini, Sistem politik Islam menurut al-Quran dan Imam Khomeini dan Tujuan dan Kekhususan sistem politik Islam menurut al-Quran dan Imam Khomeini.[infosyiah]