cover-tafsir-ayat-kunut65.jpg

Tafsir Ayat Qunut

KH. Muchtar Adam

Makrifat Publisher, 150 hal, Rp. 15.000

Qunut lebih sering dipertentangkan daripada dipahami. Kenyataannya klaim-klaim tentang kunut atau tidak lebih disebabkan ketidak tahuan kita tentangnya.

Buku ini menjelaskan qunut dengan tuntas. dibahas dengan metode ukhuwah, semangat yang dibangun dengan konsisten oleh penulis. metode ukhuwah ini lebih mengedepankan toleransi dan penghormatan ditambah dengan peningkatan keilmuan. karena kebanyakan apa yang dipermasalahkan karena ketidak tahuan kita. qunut sebagai contoh jelasnya

sejak dari dulu pembahasan ini tidak pernah selesai dan cenderung parsial, cenderung mendiskreditkan golongan lain yang tidak sepaham. bahkan sering didengar, orang yang mengkafirkan orang yang qunut.

bukan hanya membahas dari sisi tafsir Al Qur’annya saja yang dibahas (karena justru sisi ini tidak pernah disentuh oleh para ulama) tapi juga dari sisi hadis dan pembahasan mengenai perbedaan pandangan para ulama madzhab tentang Qunut.

dengan membaca buku ini maka akan jelas kepada kita bahwa ternyata qunut adalah terminologi Al Qur’an. yang berbeda sebenarnya pada pemahaman dan praktek tentangnya. oleh karena itu keberadaan buku ini seakan menjadi jembatan bagi terjalinnya ukhuwah islamiah yang lebih hangat dan memikat.

buku ini ditulis oleh seorang ulama yang concern terhadap persatuan dan kesatuan ummat sehingga menggagas ide madzhab ukhuwah. anda boleh berbeda paham dengan saya tapi anda tidak bisa menyalahkan saya karena paham yang berbeda.
Secara keseluruhan penulis mengungkap 19 makna qunut dan keseluruhan makna tersebut menggambarkan makna penghambaan sebenarnya.
Oleh karena itu, pahami Qunut baru bicara.